"Prepare" Sebelum Memasak, Perlukah?


Hai Mak, masak apa hari ini? Memasak, meski tidak harus yang rumit, sudah tentu menjadi aktivitas rutin yang sering Emak kerjakan bukan? Menggoreng nugget masak nasi goreng, memasak opor, atau yang lain sekarang menjadi suatu hal yang mudah. Bagaimana tidak, banyak sekali alat masak canggih dan bumbu siap saji yang membantu Emak dalam tujuan membuat masakan yang cepat dan mudah.


Meski Emak banyak dimudahkan dengan alat masak, bumbu dan bahan siap saji, masih perlukah "prepare" atau mempersiapkan semua sebelum memasak? Prepare itu sangat perlu lho Mak, mengapa? Karena 70% keberhasilan dan kelancaran memasak bergantung pada persiapan tersebut. Tidak percaya, Mak? Coba saja Emak memasak tanpa mempersiapkan semuanya. Minyak sudah dipanaskan, Emak baru mau mengiris bawang putih, waktu dimasukkan minyak sudah terlalu panas, sehingga bawang putih langsung gosong. Itu belum jika memasak yang lain. Tidak mau kejadian seperti itu kan, Mak?


Sepertinya memang sepele, mempersiapkan alat, bahan dan bumbu, namun jika hal ini dihilangkan, sudah pasti mengacaukan semua prosesnya. Sebenarnya apa yang harus kita "prepare", atau persiapkan sebelum mulai memasak Mak?
1. Siapkan alat masak sesuai menu.
Jika menggoreng dengan minyak banyak, berarti perlu wajan atau pan dengan sisi yang agak tinggi. Strainer atau saringan. Sotil atau penjepit makanan untuk membalik ketika menggoreng.
2. Siapkan bahan-bahan yang akan digunakan.
Mungkin bahan tersebut perlu disiangi, diiris, atau dicuci terlebih dahulu. Jika menggunakan daun-daunan, lebih baik dicuci dengan air mengalir sebelum diiris. Bila bahan ada yang perlu di blanched atau direbus sebentar, berarti harus dilakukan sebelum mempersiapkan yang lain.
3. Siapkan bumbu yang akan digunakan.
Jika ada bumbu yang harus dikupas, diiris, atau dihaluskan maka harus didahulukan. Periksa bumbu apakah masih layak atau tidak untuk digunakan.
4. Pelajari resep dengan srbaik-baiknya.
Jangan sampai salah urutan memasak, karena akan mempengaruhi hasil akhir masakan.

Foto: Dok. Pribadi

Praktekkan 4 hal yang dibahas di atas tadi Mak, semoga dapat membuat hidangan spesial untuk keluarga ya! Selamat mencoba!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Cernak "Sahabat Baru Nayla" karya Utami Nilasari

Koleksi Nara: Enjoy Adalah Kunci

Review Cerpen Teenlit "Buku Diary Biru" karya Utami Nilasari