Ketika Emak IRT Galau

     Hai Mak, pernahkah Emak jadi galau gara-gara fokus terpecah antara ingin bekerja dan ingin mengurus anak dirumah? Sepertinya tidak sedikit Emak-Emak yang merasa galau tingkat dewa saat harus memilih antara 2 hal tersebut. Pasalnya kalau mau meninggalkan anak diasuh orang lain, rasanya kok kuatir juga. Apalagi lihat berita di TV, ihhhhh sereeeemmmm deh Mak! Penculikan, perdagangan anak, belum lagi kasus-kasus yang lain seperti pelecehan seksual, membuat geleng-geleng kepala kan Mak?


     Hemmm... Sedangkan kalau kita  tidak bekerja, hanya mengandalkan gaji suami saja kok kayanya enggak tega. Penginnya meski sedikit, ya tetap produktif, mumpung kita juga masih bisa bekerja. Betul tidak Mak? Kita sebagai ibu juga terkadang ingin berbuat lebih untuk si buah hati. Untuk tabungannya besok kalau sudah sekolah, membeli mainan, buku, atau yang lainnya.


     Sebenarnya tidak ada yang salah antara bekerja dan total mengurus anak. Namun yang perlu diingat adalah pembagian waktunya diusahakan seimbang. Untuk Emak yang bekerja, tetap ada waktu untuk bermain bersama, sekali waktu liburan sekeluarga. Atau meluangkan waktu untuk mengantar serta menjemput anak, juga bisa menjadi momen kebersamaan bersama si kecil. Bagi Emak yang total mengurus anak, memang banyak waktu untuk dapat berinteraksi. Namun, jangan sampai rentang waktu yang lebar tersebut malah membuat kita terlalu memanjakan  anak dan membuat mereka malah tidak bisa mandiri.


     Lebih baik lagi jika kita bisa produktif di rumah ya, Mak? Sambil mengurus anak, tetapi tetap bisa bekerja dan berpenghasilan. Mungkin itu impian semua Emak. Semua tergantung kita Mak, memilih bekerja di luar, atau total mengurus anak di rumah. Semoga apa pun yang kita pilih, tetap menomor-satukan anak ya, Mak?

Foto: Dok.Pribadi

   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Cernak "Sahabat Baru Nayla" karya Utami Nilasari

Koleksi Nara: Enjoy Adalah Kunci

Review Cerpen Teenlit "Buku Diary Biru" karya Utami Nilasari