Pasukan Blogger dan Joeragan Artikel, Ajari Penulis Pemula Merangkak Sampai Berlari

Perkenalan dengan Pasukan Blogger bermula dari keikutsertaan saya pada Training Gampang Menulis Artikel di Joeragan Artikel, sekitar 10 bulan yang lalu. Training ini mengharuskan saya membuat blog sebagai salah satu tugasnya. Bingung pasti, meski 10 tahun yang lalu pernah membuat blog sendiri. Yang menjadi kebingungan saya yang lain adalah: timbulnya kesadaran,  ternyata menulis itu tanggung-jawabnya tidak sepele. Dulu, saya menulis untuk sekedar mengungkapkan apa yang ada di hati dan pikiran saya. Tidak peduli orang lain mau berkomentar apa, atau berpikiran apa. Sekarang saya baru sadar bahwa setiap kata yang keluar adalah sebuah tinta permanen yang tidak bisa dihapus lagi. Kenyataan itu sempat membuat saya takut untuk menulis. Aneh bukan? Sudah training menulis, tetapi takut untuk menulis. Saya sendiri juga merasa segan membuat status, baik di FB, WA, maupun media lain. Ingin menjadi penulis, tetapi takut untuk menulis. Hihihi.


Untung saja ketakutan itu tak berlangsung lama. Tugas rutin dalam training membuat saya harus menulis. Ketika ada training lanjutan yaitu Teknik Jebol Media, tanpa pikir panjang saya memutuskan untuk ikut. Karena saya pikir sudah kepalang basah, jadi nyebur saja sekalian. Semakin lama, rasa ingin tahu dan ingin belajar saya semakin besar. Karena training seperti inilah yang sebenarnya saya butuhkan untuk mengasah hobi yang telah saya lakukan sejak kecil. Rasanya menemukan dunia yang dulu pernah saya kenal. Setiap hari menjadi kejutan yang mengharuskan saya mencoba menulis.


Lulus dari kedua training tersebut, membawa saya pada predikat: Alumni Joeragan Artikel. Yang menakjubkan adalah tidak putusnya pendampingan Joeragan Artikel. Lulusan JA (Joeragan Artikel) otomatis masuk menjadi Pasukan Blogger. Sebuah komunitas yang menjadi wadah alumni JA, agar  terus menulis di blog. Karena seminggu dua kali ada "challenge" atau tantangan yang harus diselesaikan. Apa uniknya tantangan ini? Setiap setor tulisan, kami mendapat reward 1 bintang, 10 Blog Walking dan komen di blog teman, memberi kami 1 bintang lagi, dan berlaku pula kelipatannya. Tema setiap "challenge" berganti-ganti, dan selalu menarik bagi saya. Terkadang membuat jantungan, karena belum punya pengalaman menulis tema tersebut. Yang saya ingat pernah mereview produk, profil pelaku usaha atau tokoh, training yang pernah diikuti, sampai menulis tema bebas ketika liburan atau tidak ada review produk. Hadiah challenge tidak hanya bintang lagi, namun voucher pembelian produk, sampai yang terakhir Logam Mulia. Ya ampunnnn.... Bikin saya gregetan meski tidak menjadi pemenang. Hihihi.


Suasana kekeluargaan dan saling membantu di Pasukan Blogger sangat kentara. Hal yang mulai saya rasakan dari awal mengikuti training Gampang Menulis Artikel dan berlanjut sampai training-training berikutnya. Semua peserta yang kebanyakan sudah menikah dan mempunyai anak tetap semangat untuk belajar. Tentu saja kami juga bersaing, namun sangat sehat. Baru kali ini saya merasakan atmosfer yang begitu mendukung untuk belajar menulis. Sama-sama perempuan, menikah, tidak jarang juga punya beragam kesibukan. Tidak hanya mengurus rumah, suami, anak, namun juga usaha di rumah dan pekerjaan di luar rumah. Namun mempunyai pemahaman yang sama bahwa wadah ini adalah sarana untuk perkembangan dan belajar. Saling membantu dan mendukung satu sama lain, memberi ruang agar talenta kami bertumbuh dan berkembang dengan maksimal.


Para mentor dalam setiap training tidak hanya menjadi pemateri saja, namun juga sahabat. Sangat mudah dihubungi, meski bukan pada jam pendampingan. Pertanyaan-pertanyaan dijawab tanpa merendahkan. Mengingat basic ilmu kami memang beragam. Dari yang murni tidak tahu apa-apa dengan dunia tulis menulis sampai yang sudah menelurkan karya. Salut untuk kerja keras para mentor. Admin dari setiap trainingpun begitu. Terkadang mereka kewalahan ketika kami banyak sekali bertanya. Hihihi, saya merasa banyak merepotkan admin juga.


Oh iya, untuk bulan ini Joeragan Artikel banyak training lho!

1. Training Travel Writting

Training ini berlangsung pada tanggal 15 Januari 2018, pukul 19.30-21.30 WIB. Masa pendampingannya 7 hari. Investasinya sebesar 88K dengan mentor: Arini Tathagati.
Yuk yang ingin tahu tentang travel writting lebih dalam, ikut training ini!

2. Training "Gampang Bikin Artikel" dan "Jebol Media"

Nah training inilah yang biasanya banyak peminatnya. Karena artikel merupakan tulisan yang relatif pendek dibandingkan yang lain. Mentornya tidak lain adalah Ummi Aleeya, nama keren dari Sri Kuswayati, founder Joeragan Artikel.
Training kece ini diadakan pada tanggal 16 dan 23 Januari 2018, pukul 20.00-22.00 WIB. Dengan biaya 175K jika mengikuti keduanya atau satu paket, sedang jika hanya salah satu diikuti maka biaya hanya 99K saja.
Sedang kisi-kisi Training Artikel, yaitu: menemukan ide artikel, membuat judul yang menarik, dan cara cepat membuat artikel.
Kisi-kisi Training Jebol Media, yaitu: cara jebol media online dan cara dapat income dari media online.

3. Training Reportase

Diadakan pada tanggal 20 Januari 2018, pukul 20.00-22.00 WIB di FB Grup. Pendampingannya selama 7 hari. Mentor: Eni Rahayu.
Nah, untuk yang suka liputan jangan sampai nyesel nggak ikut training ini ya!

4. Training Blogging for Beginner

Training ini berlangsung pada tanggal 26 Januari 2018, pukul 20.00-22.00 WIB di FB Grup. Mentor: Dira Indira dan Rahayu Asda Putri. Investasi normal 200K, tetapi ada diskon menjadi 99K dengan waktu pendampingan selama 7 hari. Hanya untuk 30 peserta.
Untuk yang ingin punya blog cantik dan berpenghasilan dari blog, jangan lewatkan training ini ya!


5. Training Editor

Training editor berlangsung pada tanggal 26 Januari 2018, dengan mentor Chika Ananda. Training editor adalah training Joeragan Artikel yang biaya daftarnya terhitung "lumayan". Tetapi sebanding karena banyak alumni yang langsung mendapatkan job karenanya. Entah di EmakPintar.org, atau klien yang lain. Jadi, nggak rugi deh ikut training ini. Saya juga ingin ikut training ini kalau modal sudah mencukupi.



Dari sekian banyak training di atas, yang belum pernah saya ikuti adalah training editor dan training travel writting. Bukan tidak mau, tetapi modal utama belum memadai. Semoga besok bisa mengusahakan modal utama tersebut. Sedang untuk training reportase, saya pernah ikut materinya di teknik jebol media kalau tidak salah. Mentornya juga mbak Eni Rahayu. Beraneka macam training tersebut adalah modal untuk mempertebal karakter penulis. Memang penulis dituntut untuk serba bisa dengan tulisan jenis apapun, namun mereka memiliki ke-khas-an sendiri dalam tulisannya. Semacam spesialisasi dalam bahasa kerennya. Ke-khas-an tersebutlah yang menjadi " Brand Diri" seorang penulis.


Di Pasukan Blogger saya menjajal berbagai macam genre tulisan, dari yang biasa sampai yang luar biasa karena sangat jauh dari keseharian tulisan. Namun saya yakin tulisan dengan beragam genre tersebut merupakan portofolio yang sangat diperlukan, agar calon klien mengetahui seberapa kemampuan menulis saya. Kedepannya, pasti karir kepenulisan saya akan sangat bergantung pada portofolio-portofolio tersebut. Sekarang sudah hampir satu tahun berlalu dari awal keikutsertaan saya di Pasukan Blogger. Namun dengan sedemikian riuhnya tantangan menulis, menjadikan kami masih terus tetap menulis. Bisa saya katakan bahwa Pasukan Blogger dan Joeragan Artikel memberi ruang penulis pemula seperti saya untuk merangkak, berjalan, sampai berlari sendiri. Ini yang berbeda dari training serupa di lain tempat. Alumni training masih selalu diberdayakan untuk berpartisipasi di berbagai proyek besutan Joeragan Artikel.

Dan untuk para perempuan di luar sana yang belum berkenalan dengan Joeragan Artikel, mari merapat. Coba deh salah satu training, sesuai yang kalian butuhkan. Rasakanlah suasana yang saya ceritakan di atas. Saya yakin kalian akan menemukan "sesuatu" yang akan berguna untuk karir kalian di masa depan. Jangan berhenti dalam keragu-raguan dan rasa tidak percaya diri kalian, karena hal tersebut akan menunda jalannya proses menakjubkan itu. Selamat memilih training, perempuan Indonesia!

Komentar

  1. Kerennn euuy lengkap reviewnya Mbak Eliii *hug*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduhhh mbak Dira... Biasa aja kali mbak. Lagi ada waktu jadi bisa nulis lengkap. Ya semoga besok2 juga bisa menyisihkan waktu juga biar bisa nulis banyak..hihihi

      Hapus
  2. Setuju banget sama Mbak Dira. Reviewnya oke banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhh mbak Nita bisa aja... Tulisan mbak Nita yang kerenn tuhhh!

      Hapus
    2. Ahhh mbak Nita bisa aja... Tulisan mbak Nita yang kerenn tuhhh!

      Hapus
  3. keren mbak, komplit ulasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhh mbak Wulan ini, blog nya mbak yang keren tuhhh! Bikin ngilerr... Tapi kapannn bisa kaya gitu, hihihi

      Hapus
    2. Ahhh mbak Wulan ini, blog nya mbak yang keren tuhhh! Bikin ngilerr... Tapi kapannn bisa kaya gitu, hihihi

      Hapus
  4. Mba Rini adalah salah satu anggota pasukan yang paling keukeuh bermetamorfosa. Selain aktif, juga rajin bertanya dan berdiskusi, senang sekali bisa mengenal dirimu Mba.. hehe.. terus semangat ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh mbak Bety ini... Mungkin iya mbak... Tapi sepertinya banyak orang lain juga ber-metamorfosa di pasukan blogger dan Joeragan Artikel. Senang juga mengenalmu mbak Bety, meski belum bertemu langsung, saya banyak belajar. Belajar dari tulisan mbak Bety. Semoga semakin bisa berkembang lagi mbak...

      Hapus
  5. Wiow....JA udah berhasil menghasilkan penulis seperti Mba Rini...sukses ya Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haduhhh mbak, sepertinya belum pantas disebut sebagai penulis... Masih suka ga bisa atur waktu untuk menulis mbak. Anak saya kumat lagi begadangnya. Hihihi. Tetapi lepas dari itu semua, semoga kata-kata mbak menjadi doa untuk saya. Supaya besok atau berapa tahun lagi saya juga layak disebut sebagai penulis seperti mbak dan senior yang lain. Amin. Sukses selalu untuk mbak juga.... Terimakasih sudah mampir mbak!

      Hapus
  6. Reviewnya baguuus. Aku juga pengen ikutan training editor. Kumpulin modal dlu tapih. Hehehe.. ntar kita barengan yuk mbaaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduhhh mbak ini, bagus dari mana nya mbak? Ehhh, mbak juga belum ya yang editor, sama dong! Ayukkk mbak, nih uangnya baru piknik kemana-mana, belum mau ngepos di dompet. Hihihi. Semoga bisa barengan ya besok training editornya mbak, semangaaatttt!

      Hapus
  7. Waaww review nya bagus mba. Saya baru slesai ikutan training blogging for beginner, jadi mau ikutan training yg lain dari JA 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah mampir ke blognya mbak Jeanette lho! Keren foto-fotonya dan tulisannya. Jadi pengen belajar lebih peka terhadap sekitar lagi, biar bisa jadi cerita. Hal-hal yang bagi kita sepele, kadang dibutuhkan oleh orang lain. Ayo mbak nulis lagi, biar saya juga bisa belajar lagi saat mampir. Terimakasih mbak.

      Hapus
  8. Joeragan Artikel memang ketjee dan reviewnya ini pun sama ketjeenya..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Dian ini, apalah saya mbak... Tapi kalau JA mah emang kece mbak. Hihihi. Semoga saya juga bisa kaya mbak Dian juga. Lariiiii......

      Hapus
  9. Keren reviewnyaaaahh. Hihi, semoga saya bisa se-produktif mbak Elii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduhhh mbak, saya produktif? Hhihiiihii, itu karena saya dikejar deadline challenge Pasukan Blogger tuh, jadi mau ga mau harus nulis. Eh kok ternyata lama-lama jadi banyak juga jadinya.
      Tahu ga mbak itu nulisnya sering mepet deadline, gara-gara saya sering kehabisan ide. Semoga sukses ya mbak!

      Hapus
  10. Bagus reviewnya mbak. Makin keren ya joeragan artikel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh mbak, tulisan mbak juga keren loh... Saya juga sudah mampir walking-walking di blognya mbak. Banyak hal yang saya pelajari juga. Yang keren JA mbak. Semoga kita juga sukses ke depannya seperti mbak-senior kita ya, mbak, semangattt!! Terimakasih sudah mampir mbak!

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Cernak "Sahabat Baru Nayla" karya Utami Nilasari

Koleksi Nara: Enjoy Adalah Kunci

Review Cerpen Teenlit "Buku Diary Biru" karya Utami Nilasari